Menganalisis
Aspek-Aspek Perencanaan Usaha
Kepuasan
Pelanggan
Pelayanan Prima
Pelayanan prima (Excellent service) adalah pelayanan sebaik-baiknya
kepada pelanggan sehingga dapat menimbulkan rasa puas pada pelanggan. Pelayanan
prima merupakan pelayanan yang berorientasi pada pemenuhan tuntutan pelanggan
mengenai kualitas produk (barang atau jasa) sebaik-baiknya. Melalui pelayanan
prima, perusahaan dapat menarik pelanggan baru dan perusahaan dapat
mempertahankan pelanggan lama. Untuk menunjang pelaksanaan playanan prima,
telah dikembangkan konsep total quality management (TQM), yaitu system manajemen yang
melibatkan semua manajemen dan pegawai untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas
proses organisasi agar kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggan terpenuhi.
Promosi
a.
Pengertian Promosi
Promosi
yaitu kegiatan dalam pemasaran yang dilakukan dengan cara memperkenalkan barang
kepada masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Promosi merupakan
salah satu alat untuk mempengaruhi konsumen, baik langsung maupun tidak
langsung.
Tujuan Promosi
a) Merubah tingkah laku dan pendapat konsumen
b)
Mendorong konsumen agar lebih banyak menggunakan produk dan membeli produk
dalam jumlah besar, serta mengingatkan konsumen akan manfaat produk
c)
Untuk menarik konsumen merek lain yang bersaing dengan produk yang sedang
dipromosikan
d)
Mempertahankan merek produk perusahaan
Secara
terperinci dapat disebutkan bahwa sasaran dari promosi adalah sebagai berikut
a)
Seluruh masyarakat konsumen agar mereka mau membeli produk
b)
Para pembeli/pelanggan produk dari perusahaan tersebut
c)
Para pemakai produk pada waktu sekarang
d)
Masyarakat yang mempunyai daya beli
e)
Para distributor dan para agen yang menjual produknya
f)
Pemerintah yang memerlukan produk dari pengusaha yang bersangkutan
g)
Mereka yang mempunyai kekuasaan dan ia dapat memerintahkan untuk membelinya
Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh
perusahaan di dalam memilih jenis media yang digunakan yaitu sebagai
berikut:
1)
Biaya
2)
Produk
3)
Pesan
4)
Sifat media yang dituju
Untuk penyajian advertensi setiap perusahaan perlu memperhatikan
persyaratan diantaranya adalah
1)
Harus dapat menimbulkan perhatian konsumen
2)
Harus dapat menarik konsumen
3)
Harus dapat menimbulkan keinginan mau membeli
Teknik menjual
Salah satu teori menjual yang dikemukakan adalah teori
AIDAS, teori ini menerangkan dengan rinci mengenai tahapan-tahapan yang harus
dilalui oleh seorang penjual di dalam melakukan kegiatan penjualan.
Tahapan-tahapan teori AIDAS adalah sebagai berikut.
1) Attention (Perhatian)
Pada tahap ini, penjual harus berusaha agar calon
pembeli memperhatikan penawaran yang dilakukan calon penjual.
2) Interest (Minat)
Pada tahap ini, penjual harus mengubah perhatian calon
pembeli menjadi minat yang kuat.
3) Desire (keinginan)
Perlu diketahui, bahwa kebiasaan calon pembeli dalam
mengambil keputusan membeli tidaklah sama.
4) Action
Pada tahap ini, penjual harus menyakinkan kepada
pembeli bahwa keputusan untuk membeli produk yang ditawarkan adalah keputusan
yang tepat.
5) Satisfaction (kepuasan)
Pada tahap ini, penjual harus memastikan bahwa
kualitas produk yang ditawarkan sesuai apa yang dijelaskan.
Ada beberapa sifat yang harus dimiliki oleh penjual yang
baik, antara lain
1)
Mampu berkomunikasi
2)
Penuh inisiatif
3)
Berpikir kreatif
4)
Penuh perhatian
5)
Tidak mudah putus asa
6)
Menarik, mudah bergaul dan selalu gembira
7)
Sopan santun, lurus hati dan disiplin
8)
Ketajaman daya ingat
9)
Bijaksana
Meningkat omset penjualan
1) Penjual
sebelum melakukan penjualan barang/jasa, seorang
penjual harus mengenali dan mengetahui keadaan fisik.
2) Barang atau jasa yang dijual
Penjual harus mengetahu seluk-beluk barang atau jasa
yang akan dijual
4.
Kepuasan Pelanggan
Kepuasan pelanggan adalah penilaian pelanggan terhadap
produk atau pelayanan yang memberikan tingkat kenikmatan seperti yang
diharapkan.
Harapan itu adalah berupa kemampuan perusahaan
menyediakan produk, pelayanan, harga dan aspek lain sesuai dengan yang
diinginkan pelanggan atau melebihi keinginan pelanggan.
Prinsip Kepuasan
pelanggan
1) Kepuasan pelanggan adalah sesuatu yang
penting
2) Pahamilah harapan pelanggan
3) Pilihlah pelanggan dengan tepat melalui strategi
segmentasi kemudian bangun kepuasan pelanggan
4) Pelajarilah faktor-faktor yang mempengaruhi
kepuasan pelanggan
5) Pelanggan yang loyal adalah pelanggan yang mau
komplain
6) Beri jaminan kepada pelanggan
7) Dengarkan suara pelanggan
8) Arti penting karyawan dalam memuaskan pelanggan
9) Kepemimpinan adalah teladan dalam kepuasan
pelanggan
sumber
0 komentar:
Posting Komentar